Home » Berita » SEMARAK RAMADHAN 1434 H SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA
SEMARAK RAMADHAN 1434 H SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA

SEMARAK RAMADHAN 1434 H SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.

Untuk mewujudkan pendidikan berkarakter dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta, ada serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk mengisi ramadhan 1434 H.

“Meski pada bulan Ramadhan ini ada pengurangan jam belajar. Namun SMK Muhammdaiyah 3 Surakarta tetap melakukan aktifitas kegiatan belajar mengajar seperti biasa, tidak terkecuali kegiatan keagamaan.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranaya adalah sholat dhuha berjamaah yang jadwal pelaksanaan kegiatannya bergilir antara kelas X dan XI karena mengingat kapasitas mushola yang belum mencukupi. Sesudah sholat dhuha diadakan kultum yang dilakukan oleh peserta didik, hal ini sekaligus mendidik anak untuk berani untuk berani mengungkapkan pendapat dan berorasi dimuka umum khususnya di bidang keagamaan. Kegiatan sholat dhuha berjamaah ini bertujuan setidaknya pembiasaan bagi siswa dan semua pihak setelah ramadhan bisa dijadikan sebagai  amalan rutin.

Pada hari senin  22 Juli 2013 diadakan pula infaq ramadhan bagi peserta didik  yang dikoordinir oleh IPM, dari kegiatan tersebut  terkumpul dana yang cukup banyak. Hal tersebut merupakan pembiasaan bagi siswa untuk dapat berempati dan menyisihkan sebagian apa yang dipunyai untuk kepentingan orang lain.

Peringatan nuzulul Qur’an dilaksanakan pada hari Rabu 24 Juli 2013, kegiatan tersebut diikuti  oleh guru, karyawan dan perwakilan masing masing kelas 10 anak dikarenakan pelaksanaannya pada malam hari. Pada kesempatan tersebut yang berkesempatan memberi tausiyah  adalah Bp. Ahmad Sukidi, S.Ag, M.Pd. Beliau adalah salah satu Guru yang pernah mengajar di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Diantara poin yang dapat diambil adalah Al Qur’an merupakan kitab suci yang mempunyai berbagai nama yang intinya adalah segala urusan harus dikembalikan dan berpedoman pada Al Qur’an. Manusia pada saat sekarang cenderung mempunyai sikap hedonisme atau dengan kata lain yang penting “happy” artinya hanya memburu kesenangan saja tanpa memperhatikan  pedoman dan aturan yang berlaku.

Mulai tanggal 29 – 31 Juli 2013 akan dilaksanakan pesantren siswa yang akan diisi dengan Tartil, hafalan, sholat fardhu dan sholat jenazah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk malakukan pemetaan terhadap siswa sejauh mana kemampuan siswa terhadap hal  tersebut. Sehingga dari hasil pemetaan tersebut akan dapat dirumuskan kegiatan selanjutnya. Sehingga dapat dicapai salah satu tujuan  dari SMK Muhammdiyah 3 Surakarta ketika lulus peserta didik  dapat membaca Al Qur’an dengan baik, mempunyai hafalan yang cukup, dapat melaksanakan sholat dan sholat jenazah sesuai dengan tuntunan.

Dari serangkaian kegiatan ramadhan di atas akan ditutup dengan Pesantren guru dan karyawan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1-2 Agustus 2013 bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta  pukul 08.00- selesai. Kemudian ditutup dengan Pesantren Guru/Karyawan dan Buka puasa bersama di Restoran Boga Bugi 2, sebelah barat Hotel Lor In.

Mudah-mudahan kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, akhlaq yang terpuji, kedisplinan dalam belajar, kedisiplinan dalam beribadah.

Demikian semarak ramadhan SMK Muhammadiyah 3 Surkarta 1434 H. Mudah-mudahan  akan menjadikan SMK Muhammadiyah 3 Surakarta  lebih baik dan memberikan manfaat bagi semua yang terkait dengannya. Tiada gading yang tak retak saran dan kritik yang membangun tetap kami harapkan. Terima Kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatulallahi Wabarokaatuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*